Friday 19 January 2018

Tips Sukses Akademik Selama di Perkuliahan

Tulisan ini sengaja saya buat untuk adik-adik SMA yang sering bertanya bagaimana sih cara nya agar sukses melewati masa perkuliahan?. 

Sebagian orang membayangkan sukses perkuliahan itu seperti ini, lulus dengan nilai memuaskan, aktif di organisasi, juara lomba, ikut conference ini itu di luar negeri, yup arti sukses bagi setiap orang beda-beda kan ya. Nah di postingan ini saya ingin berbagi sedikit tips untuk sukses di bidang akademik.

Based on yang saya alami kuliah itu suasanya nggak kayak di FTV-ftv wkwk.., yang mana mahasiswanya pulang jam 1 siang, ke kampus cuma bawa tas kecil yang isinya hp, power bank, alat-alat make up, headphone haha, pulang kuliah hang out bareng teman-teman di kafe. 

Seperti apa sih kuliah yang saya alami??. Saya kuliah seringnya masuk pagi, siang praktikum, abis itu masuk kuliah lagi hingga sore pukul 5, setelah itu asistensi tugas. Kadang pulang pukul 7, kadang pukul 9 kadang sampai 11 malam pun. Pulang dari kampus ngapain, ya ngerjain tugas. Perkuliahan ini bikin lelah dan capek banget? awalnya saya merasa hal yang sama. Awal-awal berkuliah di Teknik Sipil ITB bisa di bilang saya agak sedikit shock dengan culture belajar yang ada, karena di SMA saya terbiasa santai, di SMA tu saya sekolah hanya sampai pukul 1 siang, setelah itu ya saya me time mendengarkan musik, membersihkan kamar, tidur siang, malam barulah belajar.

Berikut salah beberapa tips untuk dapat beradaptasi selama di perkuliahan:

1. Baca Materi Kuliah

Biasaya di minggu pertama perkuliahan saya minta materi kuliah 1 semester penuh dari kakak tingkat yang sudah melewati semester tersebut, kalau bisa usahakan dosennya juga sama. Dengan begitu kita bisa lebih prepare, misal dengan sedikit screening presentasi dari dosen, dengan begitu kita dapat gambaran mengenai yang akan di pelajari di kelas, dan siapkan pertanyaan jika memang ada yang tidak di mengerti.

2. Fokus dan Catat Materi yang Disampaikan Dosen

Di kelas, pusatkan konsentrasi penuh untuk mendengarkan penjelasan dari dosen, sambil mendengarkan catat apa yang di terangkan dosen. Usahakan mencatat dengan rapi. Alternatif lain teman saya memang ada yang malas mencatat dan memfotokopi catatan teman. Tetapi bagi saya pribadi, saya lebih senang dan merasa lebih mudah membaca catatan sendiri, karena saat mencatat materi kuliah kita melibatkan hampir seluruh panca indra yang saya miliki sehingga saya bisa lebih mudah memahami dan mengingat-ingat apa yang telah di ajarkan di kelas.

3. Duduk di Depan

Saya lebih prefer duduk di depan, karena pengalaman saya ketika duduk di belakang itu kuranglah enak, fokus saya berkurang, gangguannya banyak, seperti ada teman yang ngobrol, trus nggak keliatan karena mata saya minus, trus misal ketika kita tidak mengerti agak sulit bertanya karen posisinya jauh. Tapi siap-siap aja di cap ambis kalau sering duduk di depan wkwk. Tapi nggak bisa di pungkiri juga, bangku depan itu kadang sering kosong.

4. Memiliki Kelompok Belajar

Nggak bisa di pungkiri, memang tak semua materi pelajaran dapat kita mengerti sendiri, adakalanya ketika stuck belajar sendiri, maka cobalah untuk belajar bersama. Teman belajar ini menurutku penting, karen kita bisa lebih enak berkomunikasi menanyakan tugas, atau bertanya jika tidak mengerti mengerjakan tugas atau ketika ujian. Selain itu cara lain untuk tugas yang benar-benar nguli atau banyak banget, kalau punya teman belajar kan bisa bagi-bagi tugas biar cepat selesai dan bisa saling ngoreksi gitu. Kalau saya baru benar2 punya kelompok belajar kira-kira ketika semester 6 hingga 8.

5. Jaga Kesehatan dan Jangan Sering Begadang

Tidur yang cukup itu penting, tapi kalau banyak deadline bagaimana dong?. Ya itulah pentingnya mencicil tugas jauh-jauh hari. Kalau memang sudah sangat tengat deadline tapi belum selesai, saya biasanya ngerjain pagi-pagi banget sekitar pukul 3 atau pukul 4 pagi. Jangan lupa jaga kesehatan dan makan yang teratur. Karena kalau sakit, akademik bisa jadi keteteran.



Ya, mungkin itu saja sekiranya tips dari saya, jika ada tambahan atau pertanyaan silahkan isi di kolom komentar.
















2 comments:

  1. gan caranya ngurangin supaya tidak begadang gimana ya? udah kebiasaan begadang nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada caranya biar bisa megurangi begadang. Nanti saya bikin tips nya di postingan berikutnya.

      Delete